April 13, 2014

Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)

Salam~
Jika saya tanya Bagai mana cara agar blog banyak pengunjung ?
Maka, Anda akan menjawab "Memakai SEO".
Tetapi, Apakah anda tahu apa itu SEO ? Lalu apa Guna SEO ? Dan cara menerapkan SEO ?

Awalnya, saya hanya mengenal kata "SEO" tetapi tidak tahu artinya. Kemudian, setelah memulai Blogging.. Hingga kata "SEO" mulai membuat saya penasaran. Jadi, saya Surfing di Google hampir setiap hari agar mengerti tentang SEO.


Akhirnya saya mengerti dan paham arti SEO sebenarnya. Dan saya juga menemukan cara-cara agar lebih mudah melakukan SEO. Misalkan, anda sedang berburu dengan menggunakan Senjata berisi Banyak Peluru agar mendapatkan buruan tersebut. Tapi bisa mendapatkan hasil yang sama hanya dengan Satu Peluru saja.
Asalkan Konsentrasi kerja anda Tepat dan Benar.

Maka dari itu, Saya akan menjelaskan tentang SEO.

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO) ?

Search Engine Optimization adalah segala sesuatu yang dilakukan untuk membuat blog atau website anda menjadi nomor satu di halaman pencarian search engine. Tujuan utama SEO adalah membuat blog atau website anda dikunjungi oleh banyak orang dari search engine (Google, Yahoo, Bing, DLL).

Untuk mengerti akan SEO itu sendiri, Kadang diperlukan Pengetahuan karena panjangnya proses SEO. Karena Pengetahuan ini tidak Lazim (Banyak) di miliki oleh banyak orang, maka anda harus belajar tentang SEO secara bertahap.

Jika anda benar-benar baru atau pemula, maka anda akan dibuat pusing oleh proses SEO yang panjang. Tapi, anda tidak sendirian. Karena banyak orang yang dulunya pernah mengalami Hal ini, Termasuk saya sendiri.


Apa Guna SEO ?


Misalkan, anda sedang mempromosikan produk anda di Dunia Maya (Online). Seperti mobil, honda, tas, rumah, obat-obat herbal, Atau jasa sekalipun.

Dengan begitu anda yakin bahwa blog atau website anda langsung ada di halaman pencarian Search Engine ?
Pastinya tidak. Kenapa ? perlu anda ketahui, Bukan anda saja yang sedang promosi di Dunia Maya seperti anda.

Itu berarti anda bersaing dengan orang lain secara tidak langsung. Jadi, anda harus memberikan alasan yang tepat agar Search Engine mau menempatkan anda di halamanya. Tetapi jika alasan yang anda berikan tidak tepat, maka jangan berharap promosi blog atau website anda muncul di halaman Search engine.

Apa yang harus dilakukan agar menjadi no.1 di Google ?


Seperti  yang saya katakan sebelumnya, Anda harus memberikan alasan yang tepat agar Search Engine mau membuat blog atau website anda di halamannya. Jadi, anda pasti bertanya apa yang bisa membuat Search Engine mau membuat Blog atau website anda dihalamannya ?

Ada 2 hal yang harus anda tonjolkan, Yaitu :
  • Anda harus terlihat Professional dalam Hal yang anda bahas.
  • Dan, harus banyak yang merekomendasikan anda (Hal ini membuktikan bahwa anda memang berkualitas).
Tapi, sedikit orang yang tahu bagaimana cara agar terlihat professional di mata Search Engine, dan mendapatkan rekomendasi dari banyak orang di dunia maya.

Cara Agar Anda Terlihat Professional Di Mata Search Engine

Sebenarnya hal ini mudah, anda hanya perlu memperbaiki Faktor optimasi SEO onpage dari BLOG anda.
SEO onpage ini yang membantu Search Engine untuk mengenali pokok utama pembahasan suatu halaman. Jika anda gagal melakukan Optimasi SEO onpage, akan Search Engine akan menilai halaman anda tidak pantas di masukkan ke halamannya.

Blog yang professional itu seperti Seorang Arsitektur dari sebuah perusahaan, sedangkan blog yang tidak professional lebih terlihat seperti Tukang Bangunan di rumah - rumahan.

@Kenapa saya Mengatakan Seperti Itu


Karena Seorang Arsitektur selalu berpakaian rapi, sehingga enak dipandang mata. Dan cara bicaranya pun Sopan dan Tertata, terdengar seperti Orang yang cerdas dan Berpengalaman.
Sedangkan Tukang Bangunan tidak selalu memperhatikan penampilan, dan cara bicaranya tidak terlalu bagus.
Walaupun keduanya sama-sama memiliki tugas untuk membangun Bangunan. Tapi, keduanya punya gaya dan penampilan yang berbeda.


Bagaimana Cara untuk mendapatkan Banyak Rekomendasi ?


Setelah menjadi Seorang Professional Anda harus mulai mengumpulkan rekomendasi dari berbagai pihak. Semakin banyak pihak yang merekomendasikan anda, maka blog atau website anda akan semakin di "Dekati" oleh Search Engine.

Cara mengumpulkan rekomendasi itu adalah dengan melakukan SEO offpage. Cara optimasi SEO offpage ini meliputi pengetahuan mencari backlink, promosi social network, dan lain-lain..

Jadi, Anda sudah paham dengan "Apa itu SEO" dan kenapa SEO harus di pakai. 
Sekarang Anda tinggal memperluas pengetahuan anda tentang SEO, kemudian membuat Blog yang Professional dan tidak lupa pula mengumpulkan banyak rekomendasi dari orang lain di dunia maya/

Sampai jumpa di artikel berikutnya..
Semoga Artikel yang saya posting ini Bermanfaat bagi Anda yang Membaca.

Copy-paste Harap sertakan sumber :

Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Kedai Sharing Gratis: Apa Itu SEO (Search Engine Optimization) | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah